Cara Membuat Media Pembelajaran (bagian 4) ; Flashcard (kartu pengingat)

Tulisan saya sebelumnya telah membahas 3 media pembelajaran yang dapat dilaksanakan di kelas. Sekarang saya akan berbagi satu diskripsi lagi. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pengunjung, guru dan praktisi dunia pendidikan tanah air.



DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
      1.   Nama Media                           : Flashcard (kartu pengingat)
      2.   Mata Pelajaran                        : Al-Qur’an
      3.   Satuan Pendidikan                  : SD
  1. Kelas / Semester                      : II/ Ganjil
  2. Standar Kompetensi   : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji.
  3. Kompetensi Dasar       : 8.1 Perilaku hormat dan santun terhadap guru.
  8.2 Perilaku sopan dan santun terhadap tetangga.
  1.  Tujuan Pembelajaran :
    1. Siswa mampu mencontohkan perilaku hormat dan santun terhadap guru.
    2. Siswa mampu menampilkan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga.
 II.Teknik Pembuatan Media
  1. Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
  2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas buffalow.
  3. Menyiapkan alat pembuatan media berupa penggaris, gunting, silet dan alat tulis.
  4. Menggunting Kertas Buffalow sebanyak 10 lembar.
  5. Menempelkan gambar pada kertas buffalo.
  6. Menentukan langkah-langkah penggunaan media jenis flashcard.
  7. Menentukan kriteria penilaian.

III. Langkah-langkah penggunaan

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
  2. Kartu yang berisi gambar diacak.
  3. Anggota kelompok bersama-sama mencermati gambar dengan benar
  4. Setelah dicermati dengan benar siswa diharapkan dapat menceritakan gambar yang ada dan  membedakannya dengan melihat kartu sebagai media pengingat ( flashcard).
  5. Masing-masing kelompok berlomba menceritakan gambar .
  6. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil menyusunnya dan sekaligus membacanya.
  7. Kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
  8. Kelompok yang paling cepat dan benar akan mendapatkan point tertinggi.
  9. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
  10. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                            Gempol, 16 Juli 2010

            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                                   Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                                     RIYONO, S.PdI

Baca juga :



0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.