DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
I . Identitas
1. Nama Media :
Flashcard (kartu pengingat)
2.
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an
3.
Satuan Pendidikan :
SD
- Kelas / Semester : II/ Ganjil
- Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji.
- Kompetensi Dasar : 8.1 Perilaku hormat dan santun terhadap guru.
8.2
Perilaku sopan dan santun terhadap tetangga.
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mencontohkan perilaku hormat dan santun terhadap guru.
- Siswa mampu menampilkan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga.
II.Teknik Pembuatan
Media
- Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
- Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas buffalow.
- Menyiapkan alat pembuatan media berupa penggaris, gunting, silet dan alat tulis.
- Menggunting Kertas Buffalow sebanyak 10 lembar.
- Menempelkan gambar pada kertas buffalo.
- Menentukan langkah-langkah penggunaan media jenis flashcard.
- Menentukan kriteria penilaian.
III. Langkah-langkah penggunaan
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Kartu yang berisi gambar diacak.
- Anggota kelompok bersama-sama mencermati gambar dengan benar
- Setelah dicermati dengan benar siswa diharapkan dapat menceritakan gambar yang ada dan membedakannya dengan melihat kartu sebagai media pengingat ( flashcard).
- Masing-masing kelompok berlomba menceritakan gambar .
- Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil menyusunnya dan sekaligus membacanya.
- Kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
- Kelompok yang paling cepat dan benar akan mendapatkan point tertinggi.
- Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
- Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.
Keterangan
: wujud media terlampir
Gempol, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SD Muhammadiyah 1
Gempol Pembuat
Media
RIYONO, S.PdI RIYONO, S.PdI
Baca juga :
0 comments:
Posting Komentar
Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.