Cara Membuat Media Pembelajaran (Bagian 3) : Mind Mapping Card

Pembelajaran dianggap berhasil jika mampu mentranformasikan nilai, pengatahuan dan ketrampilan kepada peserta didik. Dalam dunia pendidikan tidak ada media dan metode yang ampuh dalam mewujudkan tujuan tersebut dalam pembelajaran. Media dan metode pembelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda dan juga mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dalam bahasan kali ini saya akan membahas masalah media pembelajaran Mind Mapping Card,  tenttu langsung pada tataran aplikasi dan bukan teori.



DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
  1. Nama Media                           : Mind Mapping Card
  2. Mata Pelajaran                        : Tarikh
  3. Satuan Pendidikan                  : SD
  4. Kelas / Semester                      : V/ Ganjil
  5. Standar Kompetensi   : 3. Meceritakan Kisah Nabi
  6. Kompetensi Dasar       : 3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
  3.2  Menceritakan kisah Nabi Musa AS
  3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS.
  1.  Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa mampu menceritakan kisah nabi Ayyub AS.
2.      Siswa mampu menceritakan kisah nabi Musa AS.
3.      Siswa mampu menceritakan kisah nabi Isa AS.

II.Teknik Pembuatan Media
  1. Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
  2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas buffalow.
  3. Menyiapkan alat pembuatan media berupa penggaris, gunting, silet dan alat tulis.
  4. Menggunting Kertas Buffalow sebanyak 10 lembar.
  5. Membuat mind mapping pada potongan-potongan kertas dengan pen yang berwarna-warni yang  berisi garis besar dari cerita tsb.
  6. Menentukan langkah-langkah penggunaan media mindmapping card.
  7. Menentukan kriteria penilaian.

III. Langkah-langkah penggunaan

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
  2. Mind mapping Card dibagikan pada masing-masing kelompok..
  3. Anggota kelompok bersama-sama mempelajari kartu tsb sambil membaca cerita yang ada di buku kemudian  mencoba bercerita berdasarkan alur yang tertulis di mind mapping card.
  4. Masing-masing kelompok berlomba bercerita sebaik mungkin berdasarkan kartu yang dimiliki.
  5. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk bercerita ,kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
  6. Kelompok yang paling runut dalam bercerita  dan benar akan mendapatkan point tertinggi.
  7. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
  8. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                Gempol, 16 Juli 2010


            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                                   Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                                     RIYONO, S.PdI

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.