DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
I . Identitas
- Nama Media : Mind Mapping Card
- Mata Pelajaran : Tarikh
- Satuan Pendidikan : SD
- Kelas / Semester : V/ Ganjil
- Standar Kompetensi : 3. Meceritakan Kisah Nabi
- Kompetensi Dasar : 3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS.
- Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa mampu menceritakan kisah
nabi Ayyub AS.
2.
Siswa mampu menceritakan kisah
nabi Musa AS.
3. Siswa mampu menceritakan kisah nabi Isa
AS.
II.Teknik
Pembuatan Media
- Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
- Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas buffalow.
- Menyiapkan alat pembuatan media berupa penggaris, gunting, silet dan alat tulis.
- Menggunting Kertas Buffalow sebanyak 10 lembar.
- Membuat mind mapping pada potongan-potongan kertas dengan pen yang berwarna-warni yang berisi garis besar dari cerita tsb.
- Menentukan langkah-langkah penggunaan media mindmapping card.
- Menentukan kriteria penilaian.
III. Langkah-langkah penggunaan
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Mind mapping Card dibagikan pada masing-masing kelompok..
- Anggota kelompok bersama-sama mempelajari kartu tsb sambil membaca cerita yang ada di buku kemudian mencoba bercerita berdasarkan alur yang tertulis di mind mapping card.
- Masing-masing kelompok berlomba bercerita sebaik mungkin berdasarkan kartu yang dimiliki.
- Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk bercerita ,kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
- Kelompok yang paling runut dalam bercerita dan benar akan mendapatkan point tertinggi.
- Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
- Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.
Keterangan
: wujud media terlampir
Gempol,
16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SD Muhammadiyah 1
Gempol Pembuat
Media
RIYONO, S.PdI RIYONO, S.PdI
Baca Juga :
1. Diskripsi Media Pembelajaran (bagian 1) : Kartu Kata
2. Diskripsi Media Pembelajaran (bagian 2) : Card Short
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.