DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
I . Identitas
- Nama Media : Card Shord
- Mata Pelajaran : AL-Quran
- Satuan Pendidikan : SD
- Kelas / Semester : 1 / Genap
- Standar Kompetensi : Membiasakan Bersuci.
- Kompetensi Dasar :
- Menyebutkan
tatacara berwudhu.
- Mempraktekkan tata cara berwudhu
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menyebutkan tatacara
berwudhu.
- Siswa mampu mempraktekkan tata
cara berwudhu
- Siswa mampu membedakan rukun wudhu
dan sunah dalam berwudhu
II. Teknik Pembuatan
Media
1. Menentukan jenis media yang akan dibuat,
yaitu visual.
2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain
kertas Buffalo warna
3.
Menyiapkan alat pembuatan media
berupa gunting, dan alat tulis.
4. Menggunting kertas Buffalo sebanyak
5 lembar .
5.
Menempel kertas dengan gambar
anak berwudhu
6.
Menentukan langkah-langkah
penggunaan media Card Shord.
7.
Menentukan kriteria penilaian.
III. Langkah-langkah penggunaan
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Kartu yang berisi gambar
anak-anak yang berwudhu dibagikan kepada masing-masing kelompok secara acak.
3. Anggota kelompok bersama-sama mencocokkan kartu dengan kartu induk.
4. Masing-masing kelompok berlomba menyusun gambar yang berisi gambar yang termasuk kelompok rukun wudhu dan
sunah wudhu kemudian mengurutkannya sesuai urut-urutan dalam berwudhu.
5. Lakukan koreksi bersama setelah semua kelompok selesai.
6. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok
untuk menjelaskan hasil penyusunan gambar tsb.
Kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
7. Kelompok yang paling cepat akan mendapatkan point
tertinggi.
8. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
9. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak
lanjut.
Keterangan
: wujud media terlampir
Gempol, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SD Muhammadiyah 1
Gempol Pembuat
Media
RIYONO, S.PdI RIYONO, S.PdI
Baca Juga :
1. Diskripsi Media pembelajaran (Bagian 1) : Kartu Kata
2. Diskripsi Media pembelajaran (Bagian 3) : Mind Mapping Card
1. Diskripsi Media pembelajaran (Bagian 1) : Kartu Kata
2. Diskripsi Media pembelajaran (Bagian 3) : Mind Mapping Card
0 comments:
Posting Komentar
Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.