Cara Membuat Media Pembelajaran (Bagian 2) : Card Short


Pada ulasan sebelumnya saya sudah membahas tentang media pembelajaran kartu kata. Pada bahasan kali ini saya akan membahas media pembelajaran card short. Namun tak ada salahnya jika kita simak dulu pengantar berikut ini : Pemilihan metode dan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Tidak ada media yang sempurna. Tidak ada pula metode yang paling baik. Semuanya bergantung pada kebutuhan media dan metode tersebut dalam pembelajaran. Media dan metode yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik materi ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam beberapa postingan ini saya akan mencoba membuat diskripsi media pembelajaran yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan tentunya para pendidik dan dunia kependidikan.




DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
  1. Nama Media                           : Card Shord
  2. Mata Pelajaran                        : AL-Quran
  3. Satuan Pendidikan                  : SD
  4. Kelas / Semester                      : 1 / Genap
  5. Standar Kompetensi               : Membiasakan Bersuci.
  6. Kompetensi Dasar       :
- Menyebutkan tatacara berwudhu.
- Mempraktekkan tata cara berwudhu
  1.  Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menyebutkan tatacara berwudhu.
- Siswa mampu mempraktekkan tata cara berwudhu
- Siswa mampu membedakan rukun wudhu dan sunah dalam berwudhu

 II. Teknik Pembuatan Media
1.      Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
2.      Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas Buffalo warna
3.      Menyiapkan alat pembuatan media berupa gunting,  dan alat tulis.
4.      Menggunting kertas Buffalo sebanyak 5 lembar .
5.      Menempel kertas dengan gambar anak berwudhu
6.      Menentukan langkah-langkah penggunaan media Card Shord.
7.      Menentukan kriteria penilaian.

III. Langkah-langkah penggunaan
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.      Kartu yang berisi gambar anak-anak yang berwudhu dibagikan kepada masing-masing kelompok secara acak.
3.      Anggota kelompok bersama-sama mencocokkan kartu dengan  kartu induk.
4.      Masing-masing kelompok berlomba menyusun gambar yang berisi gambar yang termasuk kelompok rukun wudhu dan sunah wudhu kemudian mengurutkannya sesuai urut-urutan dalam berwudhu.
5.      Lakukan koreksi bersama  setelah semua kelompok selesai.
6.      Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil penyusunan gambar  tsb. Kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
7.      Kelompok yang paling cepat akan mendapatkan point tertinggi.
8.      Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
9.      Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                            Gempol, 16 Juli 2010

            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                                   Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                                     RIYONO, S.PdI





0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.