Cara Membuat Media Pembelajaran (bagian 1) : Kartu Kata

Pemilihan metode dan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Tidak ada media yang sempurna. Tidak ada pula metode yang paling baik. Semuanya bergantung pada kebutuhan media dan metode tersebut dalam pembelajaran. Media dan metode yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik materi ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam beberapa postingan ini saya akan mencoba membuat diskripsi media pembelajaran yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan tentunya para pendidik dan dunia kependidikan.



DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
1.      Nama Media                           : Kartu Kata
2.      Mata Pelajaran                        : Aqidah
3.      Satuan Pendidikan                  : SD
4.      Kelas / Semester                      : III/ Genap
5.      Standar Kompetensi   :6. Mengenal sifat mustahil Allah.
6.      Kompetensi Dasar        6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah.
 6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah
7.      Tujuan Pembelajaran   :
1.      Siswa mampu menyebutkan sifat mustahil Allah.
2.      Siswa mampu mengartikan sifat mustahil Allah.
II. Teknik Pembuatan Media
  1. Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
  2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas buffalow.
  3. Menyiapkan alat pembuatan media berupa penggaris, gunting, silet dan alat tulis.
  4. Menggunting kertas buffalow sebanyak  20 lembar.
  5. Menulisi karton dengan sifat mustahil Allah dan artinya.
  6. Menentukan langkah-langkah penggunaan media jenis-jenis hukum nun mati.
  7. Menentukan kriteria penilaian.

III. Langkah-langkah penggunaan

  1. Guru menyiapkan kartu berisi tentang kartu  sifat mustahil Allah dan sifat mustahil Allah perkiraan jumlah kartu sama dengan jumlah murid di kelas.
  2. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
  3. Bagikan kartu kepada masing-masing kelompok dan masing-masing murid memperoleh kartu lebih dari  dua .
  4.  Bersama kelompoknya mereka memasangkan kartu sifat mustahil dengan kartu arti sifat mustahil.
  5. Setelah itu masing-masing kelompok menempelkan pasangan kartu di papan tulis.
  6. Lakukan koreksi bersama setelah setelah semua kelompok selesai.
  7. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil pajangan kartunya. Kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
  8. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
  9. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                Gempol, 16 Juli 2010

            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                                   Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                                     RIYONO, S.PdI

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.