Langsung ke konten utama

Candi Kendalisodo : Pesona Kahyangan di Penanggungan

   
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Juru kunci merawat Candi Kendalisada yang berada di lereng Gunung Penanggungan, Trawas, Mojokerto, November 2011. Di gunung ini banyak sekali punden berundak yang merupakan tempat pemujaan pada zaman Empu Sindok dan Majapahit.
Oleh: Idha Saraswati dan Amir Sodikin
Dalam kitab kuno, Penanggungan itu justru puncaknya Mahameru.
– Prof Agus Aris Munandar


Gunung Penanggungan pernah dikenal sebagai sepenggal ”kahyangan” di tanah Jawa karena banyaknya situs pemujaan di gunung ini. Namun, berbagai peninggalan sejarah itu diabaikan dan keberadaannya semakin menyusut karena dicuri ataupun rusak karena tergerus waktu.
VR van Romondt, arsitek sekaligus arkeolog Belanda yang pertama kali menelusuri Gunung Penanggungan dalam penelitian tahun 1936, 1937, dan 1940, menemukan 80 situs di Gunung Penanggungan. Namun, saat ini, yang tersisa hanya tinggal 46 situs. Sisanya hilang dicuri, terkubur longsoran, atau tertutup pepohonan.
Guru Besar Arkeologi dari Universitas Indonesia, Prof Agus Aris Munandar, hanya tertunduk hening ketika ditanya soal situs yang ada di Penanggungan. Kepalanya menggeleng-geleng. Dia tak habis pikir dengan kondisi saat ini.
136521241888224410Agus merupakan arkeolog yang getol meneliti tinggalan bernilai penting di Penanggungan, tesisnya, ”Aktivitas Keagamaan di Gunung Penanggungan: Gunung Suci di Jawa Timur dalam Abad Ke-14-15 M”, menggambarkan bagaimana bernilainya Penanggungan.
Menurut Agus, Penanggungan unik dan penting dalam mitologi Jawa sebagai gunung yang dianggap paling suci. Bahkan, dalam kitab kuno Tantu Panggelaran yang dibuat pada era Majapahit, Penanggungan atau Pawitra adalah puncaknya Mahameru dari India.
”Dalam kitab kuno, Penanggungan itu justru puncaknya Mahameru, sedangkan Semeru yang tertinggi di Jawa adalah badannya, sehingga yang paling suci adalah Penanggungan,” kata Agus.
Punden-punden di Penanggungan memiliki fungsi peribadatan, pemujaan kepada dewata, kepada arwah leluhur, yang bersatu dengan para dewata di puncak Mahameru.
Teori terbaru dari Agus, Mataram Kuno pindah dan berada di Jawa Timur bukan semata karena bencana letusan Merapi. ”Mereka ke arah timur karena mencari Mahameru baru, dan Mahameru baru itu adalah Pawitra, tempat bersemayamnya para dewa yang tak agresif lagi,” katanya.
Namun, bagi Agus, Penanggungan adalah sisa kahyangan yang kini memprihatinkan dan dilupakan. Ia merasa sia-sia mengangkat Penanggungan dari berbagai sisi di berbagai media massa. Selain sudah banyak situs yang hilang dan dijarah, berbagai situs di Penanggungan yang tersisa juga terabaikan.
”Saya sedih kala ditanya soal Penanggungan, situs-situs yang dulu saya kunjungi masih ada sekarang sudah banyak yang hilang atau rusak,” kata Agus yang merasa tak kuasa lagi membicarakan nasib Penanggungan.
”Buat apa memublikasikannya lagi?” kata Agus. Sinisme itu ia lontarkan karena sering ketika temuan arkeologi baru di Penanggungan dipublikasikan, justru mengundang para pencuri menjalankan aksinya.
Penjarahan
Saat kami menelusuri Gunung Penanggungan pada November 2011, jejak penjarahan terlihat pada relief cerita panji di punden berundak Kendalisada. Pada salah satu panel, kepala Panji Asmorobangun rusak karena dicongkel paksa. Selain itu, relief Dewaruci dan Arjunawiwaha yang semula menghias dinding gua pertapaan juga tidak terlihat lagi.
Paimbar (40), juru pelihara candi-candi di Penanggungan, mengatakan, walau jumlah juru pelihara bertambah, tetap saja tugasnya berat. ”Kami berempat memantau enam candi, terutama Kendalisada yang paling atas,” katanya. ”Memelihara candi-candi di gunung itu berat karena medannya sulit,” ujarnya.
13652124511302415993Jika hujan, tak jarang mereka turun dari gunung terperosok dan pulang babak belur. Mereka juga harus siap-siap berurusan dengan pencuri yang nekat. Pernah seorang juru pelihara terancam nyawanya karena pencuri sengaja melongsorkan batu besar dari atas tebing.
”Seminggu saya dua kali ke sana untuk pemeliharaan, tak mungkin tiap hari karena jalurnya sulit,” kata Imam Ghozali (38), juru pelihara lain. Dalam pantauan, selain membersihkan, mereka juga mempertahankan jalur pemantauan di enam candi.
Ditanya soal jalur antarsitus yang kini terputus, Paimbar mengatakan, dengan cara itu, beberapa situs aman dari penjarahan. ”Sejak kami bertugas, tak terdengar ada pencurian di tempat kami,” katanya.
Minim perhatian
Selain menambah juru peli*hara hingga 30 orang, tak ada juga upaya serius pemerintah untuk melestarikan situs-situs ini. Bahkan, papan nama yang menerangkan nama candi masih memakai papan nama sederhana peninggalan almarhum Norman Edwin, pendaki, wartawan, dan arkeolog alumnus Universitas Indonesia.
Paidan (60), mantan juru pelihara yang ikut mengantar Norman dan teman-temannya memasang papan nama itu, mengatakan, ”Papan nama ini dipasang tahun 1990-an. Setelah itu, tidak ada lagi gerakan memperbaruinya,” ujarnya.
Selain papan nama peninggalan Norman yang sudah usang, Keluarga Mahasiswa Arkeologi Universitas Indonesia (Kama) UI juga memasang papan nama. Mereka bahkan menamai situs temuannya sebagai candi Kama I, Kama II, dan seterusnya.
Arkeolog dari Universitas Negeri Malang Dwi Cahyono menuturkan, selama lebih dari 10 tahun terakhir tidak ada lagi upaya merawat sisa kahyangan di Gunung Penanggungan. Hal itu patut disayangkan mengingat kawasan ini memiliki situs-situs mengagumkan yang memiliki nilai sejarah tinggi.
Oleh karena itu, ia memandang perlunya dilakukan kembali re-inventarisasi. Situs-situs itu perlu didokumentasikan, mulai dari nama, bentuk, hingga posisinya, sehingga bisa menjadi pedoman di masa depan. Tak menutup kemungkinan jika akan ada temuan baru di sisa kahyangan yang terabaikan itu.

Komentar

  1. Info dari kawan, untuk guide ke Penanggungan 500rb. Jika ada yang butuh jasa porter bisa dengan harga 800rb, yang minat bisa inbox saya nanti saya hubungkan. silakan tinggalkan saja no telp

    BalasHapus
  2. tulisan yg sangat bagus :)
    saya sangat suka berwisata sejarah dan melihat betapa hebatnya nenek moyang kita.
    dari kecil saya mengagumi Penanggungan yang selalu muncul di barat rumah. Beberapa kali kesana, tp blum sempat mengunjungi jalur yg banyak peninggalan sejarahnya.
    kalo ke Kendalisodo, lewat Jolotundo kah, om? bolehkah tidak memakai jasa guide?
    terima kasih jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 saja, banyak pendaki yang sudah ke sana lewat jolotundo atau jedong

      Hapus
    2. Minta no hp nya mas tentang penanggungan

      Hapus
  3. terima kasih sudah menggunakan foto koleksi saya untuk artikelnya...salam
    www.kompasiana.com/www.teguhhariawan

    BalasHapus
  4. Mohon infonya tentang gunung pananggungan ini no hp ku 081318182128

    BalasHapus
  5. Mantaap jiwaa...
    Situs situs yg ad d lereng pawitra tergolong tua karena keberadaan nya sudah ad sebelum majapahit dan banyak menyimpan cerita sejarah

    BalasHapus
  6. Mohon info guide dan Porter untuk ke candi kendalisodo.
    Ini nomor saya 081211552208 Terimakasih

    BalasHapus
  7. Mohon info no telpon juru kunci pemandian kendalisodo pak rabin

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.

Postingan populer dari blog ini

SKI Kelas 9 PB 1 : Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam (Sunan Gresik-Sunan Giri)

A. Pengantar Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul amri, yaitu orang yang memegang kekuasaan atas hukum kaum muslimin serta pemimpin masyarakat yang berwenang menentukan dan memutuskan urusan masyarakat, baik dalam bidang keduniawian maupun keagamaan. Wali yang dimaksud adalah Waliyullah yang mempunyai makna orang yang mencintai dan dicintai Allah. Adapun kata songo berasal dari bahasa Jawa yang bermakna “sembilan”. Jadi, Walisongo berarti “wali sembilan” yang mencintai dan dicintai Allah.  Mereka dipandang sebagai pemimpin dari sejumlah mubaligh Islam di nusantara. Adapun nama-nama Wali Songo sebagai berikut; Sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Kali Jogo, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati B. Buka Cakrawalamu Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul

SKI Kelas 9 PB 5 : 3.6 Menganalisis biografi tokoh penyebar Islam di berbagai wilayah Indonesia - Syaikh Abdur Rauf as-Singkili & Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari

1. Syaikh Abdur Rauf as-Singkili  Nama aslinya adalah Abdur Rauf al-Fansuri yang lahir di kota Singkil. Beliau adalah orang pertama kali yang mengembangkan Tarekat Syattariyah di Indonesia.  Sekitar tahun 1640, beliau berangkat ke tanah Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu keislaman. Abdur Rauf as-Singkili pernah bermukim di Makkah dan Madinah. Ia mempelajari Tarekat Syattariyah dari gurunya yang bernama Ahmad Qusasi dan Ibrahim al-Qur’ani. Kemudian, Abdur Rauf as-Singkili pernah menjadi Mufti Kerajaan Aceh ketika diperintah oleh Sultanah Safiatuddin Tajul Alam.  Abdur Rauf as-Singkili memiliki sekitar 21 karya dalam bentuk kitab-kitab tafsir, hadits, fiqh, dan tasawuf. Beberpa karyanya antara lain sebagai berikut.  Kitab Tafsir yang berjudul Turjuman al Mustafid (Terjemah Pemberi Faedah), yakni merupakan kitab tafsir pertama yang dihasilkan di Indonesia.  Umdat al Muhtajin, yaitu karya terpenting yang ditulis oleh Abdur Rauf asSingkili. Buku ini terdiri dari 7 bab yang memuat tentang dzik

SKI Kelas 8 PB 8 : Penguasa Disnasti Ayyubiyah 2 (Sultan Al-Adil Saifuddin 596-615 H /1200-1218 M dan Sultan Al-Kamil Muhammad 1218-1238 M)

2. Sultan Al-Adil Saifuddin 596-615 H /1200-1218 M Sering dipanggil Al-Adil, nama lengkapnya Al-Malik Al-Adil Saifuddin Abu Bakar bin Ayyub, menjadi penguasa ke 4 Dinasti Ayyubiah yang memerintah pada tahun 596-615 H/1200-1218 M berkedudukan di Damaskus. Beliau putra Najmuddin Ayyub yang merupakan saudara muda Shalahuddin Yusuf AlAyyubi, dia menjadi Sultan menggantikan Al-Afdal yang gugur dalam peperangan. Al-Adil merupakan seorang pemimpin pemerintahan dan pengatur strategi yang berbakat dan efektif. Prestasi Al Malik Al-Adil antara lain :  Antara tahun 1168 – 1169 M mengikuti pamannya ( Syirkuh ) ekspedisi militer ke Mesir  Tahun 1174 M, menguasai Mesir atas nama Salahuddin Yusuf Al Ayyubi, sedangkan Salahuddin Yusuf Al Ayyubi mengembangkan pemerintahan di Damaskus  Tahun 1169 M, dapat memadamkan pemberontakan orang-orang Kristen Koptik di Qift-Mesir   Pada tahun 1186-1195 M, kembali ke Mesir untuk memerangi pasukan Salib  Pada tahun 1192-1193 M, menjadi gubernur di wilayah utara Mes

SKI Kelas 8 PB 11 : B. Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah (Bagian 3)

4. Abdul Latief Al Baghdadi, Ahli Ilmu Mantiq (Logika)   Seorang ulama berpengaruh yang menginspirasi ulama-ulama Al-Azhar lainnya, ahli ilmu mantiq, bayan, Hadist, fiqh, ilmu kedokteran, dan ilmu-ilmu lainya, sekaligus sebagai tokoh berpengaruh dalam pengembangan dan penyebaran madzhab Sunni di Mesir.  5. Abu Abdullah Al Quda’I, Ahli Ilmu Fiqih  Ahli fiqih, hadis dan sejarah, beberapa karyanya adalah Asy Syihab (Bintang), Sanadus Sihah (Perawi Hadis-Hadis Sahih), Manaqib al Imam Asy Syafi’i (Budi Pekerti Imam Syafi’i), Anba’ Al Anbiya’ (Cerita Para Nabi), ‘Uyun al Ma‘arif (Mata Air Ilmu Pengetahuan), Al Mukhtar fiz Zikir al Khutat wa Al Asar (Buku Sejarah Mesir). 6. Para ilmuan muslim lainnya seperti : Abu Abdullah Muhammad Al-Idrisi, seorang ahli geografi dan juga ahli botani yang mencatat penelitiannya dalam buku Kitab Al-Jami’ li Asytat anNabat (Kitab kumpulan dan Tanaman). Ad-Dawudi, seorang ahli botani, pengarang kitab Nuzhah an-Nufus wa al- Afkar Ma’rifah wa al-Ahjar wa

Mitos Sabdo Palon dan Noyo Genggong : Ini Jawabannya !

Telah banyak bersliweran kabar, informasi, cerita legenda dan hikayat tentang keberadaan abdi dalem Kraton MAJAPAHIT (WILWATIKTA) yang bernama SABDO PALON dan NAYA GENGGONG. Dari yang bersifat sangat halus hingga yang berisi SUMPAH SERAPAH yang bersangkutan di era runtuhnya MAJAPAHIT. Belum lagi terbitnya saduran buku-buku baik berupa ajaran atau ramalan yang mengatas namakan dua abdi ini, tetapi semuanya tidak dapat menunjukkan rujukan asli dari sumber ceritanya. Mengingat seringnya timbul pertanyaan mengenai hal ini di group dan forum WILWATIKTA (MAJAPAHIT), maka saya berinisiatif untuk menjelaskannya secara tertulis seperti ini agar bila pertanyaan yang sama muncul, rekan-rekan dapat mereferensi jawabannya dari catatan ini. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi saya, baik ketika menerima ajaran adat maupun ketika saya berkunjung ke beberapa lokasi peninggalan WILWATIKTA / MAJAPAHIT (di Jawa Timur dan Jawa Tengah). Sesungguhnya penokohan abdi dalem y