Kamis, 10 November 2011

Ketika Para Juru Dakwah Telah DipanggilNya, Kembali (Bag. 5)

Masjid At Taqwa II adalah saksi bisu perjalanan dakwah yang dilakukan H. Hasan Subagio. Tokoh karismatik dari dusun Dateng Desa Watesnegoro Ngoro Mojokerto. Tokoh yang tetap kukuh dalam jalur dakwah dan menghabiskan masa hidupnya hanya dalam rangka mendakwahkan Islam. Tokoh Muhammadiyah yang cukup punya nama. Yang menjadi tempat untuk mengaduh dan bertanya. Lingkup dakwahnya tidak hanya sekedar di wilayah kecamatan Ngoro saja  tetapi menyebar ke lain daerah semisal Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Jombang dan sekitarnya. Memang almarhum tidak sebesar tokoh-tokoh Muhammadiyah lainnya. tetapi kegigihannya menyisir dakwah di level bawah inilah yang jarang didapati tandingannya. Apalagi jika segenap hidupnya dihabiskan untuk dakwah.
Masjid At Taqwah II, secara geografis letaknya strategis. Terletak di jantung Dusun Dateng Watesnegoro. Pusat kegiatan dakwah kaum muslimin.
Sebelum awal tahun 90an masjid ini adalah satyu-satunya rumah ibadah di Dateng. baru saat itu seiring dengan perkembangan pendududk di setiap RT berdiri mushollah-mushollah. Tercatat ada 3 Mushollah yang ada di Dusun Dateng. Namun Masjid At Taqwa II tetaplah jujukan mereka untuk beribadah. ada kesan mistis dan kehangatan spiritual jika melaksanakan sholat di masjid ini. Bacaan tartil dan gerakan sholat tumakninah menjadikan sholat mereka terasa khusuk.Memang yang belum pernah menjalankan sholat  di masjid ini terasa lama. gerakan dan bacaannya lambat. dan kadang membuat orang yang tidak pernah sholat seperti ini menjadi "nglambyar".
Mengapa demikian. Sholat adalah ibdah yang diwajibkan oleh Allah SWT. Sunnahnya adalah Nabi Muhammad SAW sebagai teladan. Sebisa mungkin gerakan dan bacaan sesuai dengan yang dicontohkan Nabi. Kalau tidak sama persis minimal mendekati.
(bersambung)
Baca juga : 
Judul: Ketika Para Juru Dakwah Telah DipanggilNya, Kembali (Bag. 5); Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Ketika Para Juru Dakwah Telah DipanggilNya, Kembali (Bag. 5)
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Ketika Para Juru Dakwah Telah DipanggilNya, Kembali (Bag. 5) ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

1 komentar:

  1. Ya Allah, ampunilah paman kami, naikkanlah derajatnya diantara orang-orang yang mendapat hidayah, dan lindungilah keluarga dan keturunannya yang masih hidup. Ampunilah dia dan kami, wahai Tuhan sekelian alam, luaskanlah kubur baginya dan berikanlah cahaya didalamnya.

    BalasHapus