CARA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN (Bagian 5) : POTONGAN AYAT



Beberaapa bulan yang lalu selalu saya sempatkan membuat diskripsi media pembelajaran. Namun karena saya sibuk saya tidak sempat lagi posting. Dalam kesempatan ini saya postingkan yang ke lima, yaitu potongan ayat. Media ini cocok digunakan dalam pembelajaran PAI khususnya materi Al Quran. Tapi jangan lupa sobat semua, monggo kasih saran dan masukan pada kolom yang sudah tersedia atau bisa di facebook comment sesuai login anda. Berikut Diskripsinya :

DISKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
  1. Nama Media                           : Potongan Ayat
  2. Mata Pelajaran                        : AL-Quran
  3. Satuan Pendidikan                  : SD
  4. Kelas / Semester                      : 1 / Genap
  5. Standar Kompetensi               : Menghafal Al-Quran Surah-surah Pendek.
  6. Kompetensi Dasar       :
- Menghafal Surah al-Kautsar dengan lancar.
- Menghafal Surah an-Nasr dengan lancar.
- Menghafal Surah al-Asr dengan lancar.

  1.  Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menghafal Surah al-Kautsar dengan lancar.
- Siswa mampu menghafal Surah an-Nasr dengan lancar.
- Siswa mampu menghafal Surah al-Asr dengan lancar.
II. Teknik Pembuatan Media
1. Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas HVS warna
            3. Menyiapkan alat pembuatan media berupa gunting,  dan alat tulis.
      4. Menggunting kertas HVS sebanyak 5 lembar .
      5. Menentukan langkah-langkah penggunaan media Potongan Ayat.
      6. Menentukan kriteria penilaian.
                                                                                                                             
III. Langkah-langkah penggunaan
            1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
            2. Kartu  potongan ayat dibagikan kepada masing-masing kelompok secara acak.
      3. Anggota kelompok bersama-sama menyusun potongan ayat agar menjadi sebuah
          surat yang urut.
      4. Masing-masing kelompok berlomba menyusun potongan ayat tersebut secara urut.
      5. Lakukan koreksi bersama  setelah semua kelompok selesai.
      6. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil
          penyusunan potongan ayat  tsb. Kemudian mintalah komentar dari kelompok
          lainnya.
      7. Kelompok yang paling cepat akan mendapatkan point tertinggi.
      8. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
      9. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                Gempol, 16 Juli 2010

            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                       Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                         RIYONO, S.PdI

1 comments:

  1. Masyaa Allah,mohon izin mengambil ilmunya ya pak. Sangat bermanfaat sekali untuk saya dalam membuat media pembelajaran secara singkat dan mudah dimengerti. Syukron

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.