Cara Membuat Media Pembelajaran (bagian 6) : Kartu Jodoh



Sambungan dari postingan sebelumnya. Berikut ini saya posting kembali tentang diskripsi media pembelajaran. Kali ini tentang kartu jodoh. bagaimana media pembelajaran kartu jodoh ini, sebaiknya anda simak saja paparan diskripsi berikut ini, semoga bermanfaat :

DISKRIPSI  MEDIA PEMBELAJARAN

I . Identitas
1. Nama Media                             : Kartu Jodoh.
      2. Mata Pelajaran                         : Akhlak
      3. Satuan Pendidikan                    : SD
4. Kelas / Semester                        : 1 / Genap
5. Standar Kompetensi                 : Membiasakan Perilaku Terpuji.
  1. Kompetensi Dasar       :
- Menampilkan perilaku terpuji
- Menampilkan perilaku tolong-menolong.
- Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua.
- Menampilkan perilaku adab makan dan  minum
- Menampilkan perilaku adab belajar.

7. Tujuan Pembelajaran     :
- Siswa mampu menampilkan perilaku terpuji
- Siswa  mampu menampilkan perilaku tolong-menolong.
- Siswa mampu menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua.
- Siswa mampu menampilkan perilaku adab makan dan  minum
- Siswa mampu menampilkan perilaku adab belajar.

II. Teknik Pembuatan Media
1. Menentukan jenis media yang akan dibuat, yaitu visual.
2. Mencari bahan pembuatan media, antara lain kertas HVS warna
            3. Menyiapkan alat pembuatan media berupa gunting,  dan alat tulis.
      4. Menggunting kertas HVS sebanyak 5 lembar .
      5. Menentukan langkah-langkah penggunaan media Kartu Jodoh.
      6. Menentukan kriteria penilaian.
                                                                                                                             
III. Langkah-langkah penggunaan
            1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
            2. Kartu  Jodoh dibagikan kepada masing-masing kelompok secara acak.
      3. Anggota kelompok bersama-sama menyusun kartu jodoh agar menemukan
          pasangan yang tepat antara kartu soal dan kartu jawaban.
      4. Masing-masing kelompok berlomba menyusun kartu jodoh tersebut secara tepat.
      5. Lakukan koreksi bersama  setelah semua kelompok selesai.
      6. Mintalah salah satu penanggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil
          penyusunan kartu jodoh  tsb. Kemudian mintalah komentar dari kelompok
          lainnya.
      7. Kelompok yang paling cepat dan benar akan mendapatkan point tertinggi.
      8. Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
      9. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

Keterangan : wujud media terlampir

                                                                                                Gempol, 16 Juli 2010

            Mengetahui
            Kepala SD Muhammadiyah 1 Gempol                                   Pembuat Media




            RIYONO, S.PdI                                                                     RIYONO, S.PdI

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.