Senin, 17 Desember 2012

Sisa-sisa Renovasi Candi Jedong




Renovasi adalah pekerjaan perbaikan. Ibarat bangunan akan ada tambal sulam dalam pengerjaannya. Yang bagus dipakai yang kurang bagus diganti. Demikian juga dalam pengerjaan renovasi Candi Jedong yang berada di Desa Jedong Kecamatan Ngoro Mojokerto Jawa Timur ini. Pekerjaan Renovasinya sudah kelar beberapa tahun yang lalu. Tampilan candi pun semakin sedap dipandang mata. Pengunjung yang datang akan disuguhi panorama baru Candi Jedong. hal ini saya rasakan sendiri. Dulu saya pertama ke Candi Jedong pada saat saya masih SMP. Saat itu kira-kira saya masih berusia sekitar 15 tahun. Setelah 20 tahun kemudian saya ke sana saya dapati pemandangan yang berbeda dengan saat saya pertama ke sana. Candinya nampak lebih kokoh, cantik dan terawat.
Namun dari perbaikan tersebut ternyata masih menyisakan beberapa PR. salah satunya adalah bagian-bagian candi yang tidak dapat terekonstruksi lagi. Bagian-bagian itu di tata di sudut barat Candi dekat kantor informasi. Pemandangan ini memang tidak mengundang sisi negatrif. namun rasa penasaran saya tergelitik kira-kira ini bagian apa adari sisa pekerjaan candi itu.
Sebelumnya saya juga mendapati pemandangan yang sama saat saya berkunjung ke Candi Prambanan. Tumpukan batu sisa dilokalisir di sudut tertentu. Tidak banyak keterangan di tumpukan tersebut kecuali kode-kode saja. Jika anda penasaran coba lihat bagian-bagian ini :
   





Judul: Sisa-sisa Renovasi Candi Jedong ; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Sisa-sisa Renovasi Candi Jedong
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Sisa-sisa Renovasi Candi Jedong ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

1 komentar:

  1. Yah inilah kenyataan bangsa Indonesia, segala sesuatu tidak pernah terselesaikan dengan tuntas, selalu saja ada yang terbengkalai. Salam kenal persahabatan.

    BalasHapus