Rabu, 06 Februari 2013

Kartu Sakti itu Bernama NRG

Hari ini saya bahagia. Tapi cuma sedikit saja. dan itu sudah lebih dari cukup bagi saya untuk dijadikan spirit hidup. Bahagia karena saya mendapatkan fisik NRG saya dalam bentuk kartu. NRG atau Nomer Registrasi Guru (NRG) adalah barang berharga bagi guru yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi baik melalui jalur portofolio maupun PLPG. Untuk mendapatkan kartu ini diperlukan kesabaran ekstra dan masa tunggu yang sangat lama. Saya sendiri baru mendapatkan kartu ini sekitar satu setengah tahun sejak saya lulus sertifikasi tahun 2011. Selama kurun waktu itu saya dan juga teman-teman yang lain berada situasi yang tidak pasti. Tidak pasti apakah akan keluar NRGnya. Lebih tidak pasti apa akan keluar juga Tunjangan Profeesi Pendidiknya (TPP).
Saya tidak tahu sejak kapan ada aturan harus ada NRG ini guna mencairkan TPP. Tapi yang jelas, tambah tahun pihak kemdikbud dan juga Kmentrian Keuangan selalu membuat perbaikan sistem dimana-mana dalam rangka memperketat sistem sertidikasi sendiri. Mulai dari adanya UKG untuk mengukur sejauh mana kompetensi guru yang telah lulus sertifikasi sampai mengadakan UKG bagi guru yang belum untuk menentukan longlist pelaksanaan PLPG berikutnya. Terakhir, aturan sertifikasi diperbaiki dengan mengadakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang menyita waktu untuk kuliah ini hampir satu tahun. Adapun perkulihannya dilaksanakan secara reguler. Akibatnya dapat kita prediksi akan banyak kelas yang kosong karena ditinggalkan guru yang menempuh PPG.  Di sisi lain, sekolah akan kelimpungan mencari tenaga pengganti guru yang bersangkutan. Tambah tenaga lagi. Bagaimana jika guru yang bersangkutan sudah selesai PPG ? Akan dikemanakan guru yang tadi ditugasui sebagai pengganti ?
Kembali ke NRG. Kartu ini memang sakti. Kartu ini dapat mencairkan uang dalam jumlah jutaan. Jika tidak ada kartu ini, walaupun kita sudah lulus bertahun-tahun TPPnya dijamin tidak akan keluar. Sayangnya, Berdasarkan PMK yang baru, TPP dapat dicairkan bulan Januari Tahun berikutnya setelah NRG ini keluar. 
Ingin tahu fisiknya NRG. Lihat saja NRG saya berikut ini !

Judul: Kartu Sakti itu Bernama NRG; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Kartu Sakti itu Bernama NRG
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Kartu Sakti itu Bernama NRG ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar