Jumat, 21 Desember 2012

Mendidik Karakter Lewat Teater

Teater adalah salah satu seni pertunjukan. Di SD Muhammadiyah 1 Gempol teater menjadi salah satu kegiatan ekstra yang dapat dibanggakan. Sederet prestasi sudah di peroleh oleh SD Muhammadiyah  1 Gempol lewat perlombaan atau festival teater meskipun belum sampai level tertinggi. Teater SD Muhammadiyah 1 Gempol pun menjadi daya tarik tersendiri.
Teater adalah sarana untuk menyampaikan pesan kepada audien. Pesan-pesan yang disampaikan dibawakan dalam sebuah lakon yang hidup. Tanpa terasa nilai-nilai yang diharapkan akan tumbuh. Pada jaman orde lama pertunjukan teater juga dijadikan sarana untuk menyampaikan atau mengajarkan ideologi tertentu. Sebutlah salah satunya adalah Lekra yang berafiliasi ke PKI.
Di SD Muhammadiyah 1 Gempol pun demikian. Namun lebih banyak penyampaian pesan yang dilakukan justeru tumbuh ke jiwa anak didiknya sebagai peserta pementasa. hal ini memang disengaja. Dengan teater pembentukan watak dan karakter peserta didik lebih mudah dilakukan daripada melalui pembelajaran di kelas. dalam Pembelajaran teater siswa akan diajak berperan langsung melalui sosiodarama yang dilakukan. Pesan moral baik dan buruk akan mudah diibedakan oleh peserta didik.
Tidak hanya itu, semangat mencintai jiwa seni akan tumbuh dengan sendirinya. baik itu seni musik, tari dan terlebih seni teater. Dengan sarana ini peserta didik memiliki keseimbangan dalam otaknya. Antara kecerdasan di bidang seni dan kecerdasan lainnya yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas.
-----
Judul: Mendidik Karakter Lewat Teater; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mendidik Karakter Lewat Teater
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Mendidik Karakter Lewat Teater ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar