Selasa, 16 Oktober 2012

Penanggungan Terbakar

Musim kemarau panjang masih saja belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir. Akibatnya di beberapa tempat penduduk mulai kesulitan air. Solusi yang dilakukan pemerintah hanya sebatas memberikan bantuan air bersih saja, membuat hujan buatan dan sisanya silakan lakukan sendiri. Akibat lainnya adalah kebakaran di beberapa tempat terutama di kawasan hutan lindung dan gunung.

Salah satu gunung yang mengalami kebakaran  adalah Gunung Penanggungan yang ada di kawasan Mojokerto. Kemarin ketika saya jalan-jalan sore hari nampak oleh pandangan mata saya Penanggungan Terbakar. Kebakaran berawal dari sisi barat gunung penanggungan merembet ke arah utara dan selatan. Khusus arah selatan saya tidak dapat mengamatinya karena saya berada di sisi utara gunung.
kebakaran ini tergolong besar dan cepat. hal ini banyak disebabkan karena Penanggungan pada sisi puncaknya didominasi rerumputan ilalang. Pada kemarau saat ini rerumputan tersebut dalam kondisi kering kerontang. tak mengherankan jika disulut dengan api sedikit saja kebakan langsung dapat meluas. angin yang berhembus kencang juga turut membantu api bergerak cepat melahap rumput ilalang. Tidak kurang dari 4 jam rumput puncak penanggungan hampir habis dimakan api.
Api kemudian merembet ke arah bawah. Ada beberapa desa yang ada di bawah Penanggungan. Jedong, Kunjorowesi dan Sekantong adalah desa-desa yang ada di sisi utara. Jika tidak berhati dan siaga bisa jadi kebakaran akan melanda perkampungan mereka. 
pada saat saya menulis di blog ini, saya belum melihat lagi konsisi penanggungan. tadi pagi lidah merah di Penanggungan masih menyisakan kepulan asap. Mudah-mudahan api segera dapat dipadamkan tanpa harus menelan korban harta dan benda apalagi nyawa.
Judul: Penanggungan Terbakar; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Penanggungan Terbakar
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Penanggungan Terbakar ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar