Senin, 17 September 2012

DELAP VS MEDHIT

Sekali lagi saya uraiakan kata-kata dalam bahasa Jawa untuk kita apahami kembali dikarenakan kata-kta tersebut sudah mulai  jarang kita jumpai atau kita dengarkan lagi.
Kata pertama kata DELAP, arti delap adalah suatu karakter atau sifat seseorang yang suka meminta kepada orang lain. orang delap itu kreatif. tetapi kreatifnya kreatif meminta kepada orang lain. dulu kata ini dilekatkan pada anak-anak yang suka minta kue atau  minuman kepada temannya dengan intensitas tinggi atau keseringan. walaupun sejatinya dia sendiri punya dan mampu untuk beli sendiri. tetapi setiap kali orang lain pegang makanan pasti dia minta. anak tersebut delap, kata teman-temannya.
namun demikian predikat delap tidak hanya dilekatkan pada anak kecil. orang dewasa pun bisa dilekati kata ini jika memang memiliki sifat delap. pejabat pemerintah yang suka minta-minta pun bisa dikatakan delap. bawahannya dijadikan sapi perahannya karena sifat delapnya itu. biasanya orang delap juga berbanding lurus dengan sifat kedua, yaitu medhit
Medhit artinya kikir. Dalam bahasa Indonesia orang kikir enggan jika harta bendanya diminta orang lain. orang kikir tidak hanya ngeman hartanya diminta orang lain saja bahkan untuk dirinya sendiri dia ngeman. untuk makannya dia ngeman. jika saya gunakan bahasanya kawan-kawan masjid An Nur dulu waktu kuliah. Istilah kikir diibaratkan mbujuki wetenge dewe.
Kikir jika dikaitkan dengan alat pertukangan adalah alat untuk menajamkan gergaji. alat ini menggerus bagian gergaji yang terbuat dari baja sehingga tajam kembali. gergaji yang juga dari baja tergerus, namun kikir masih utuh. filosofinya kikir ngeman harta bendanya, namun mau jika dikasih milik orang lain. identik kan dengan delap.
makanya tadi saya katakan bahwa kata ini biasanya berbanding lurus. DELAP dan MEDHIT. orang yang delap biasanya medhit. orang medhit biasanya delap.
Jika yang delap dan medhit anak-anak masih lumrah.
kalau yang delap dan medhit para penguasa.....bahaya.
Judul: DELAP VS MEDHIT; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: DELAP VS MEDHIT
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel DELAP VS MEDHIT ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar