Senin, 25 Maret 2013

Tren Gowes dengan Becak






Pernah menonton film karton yang dilayarlebarkan, yang di dalamnya berkisah tentang kehidupan jaman batu. Meskipun jaman batu tetapi penguasaan teknologinya suda luar biasa. Ada kolam renang, gedung bioskop dan tentunya mobil. Tentu film ini hanyalah bualan belaka.Mobil yang ditampilkan tidaklah menggunakan teknologi mesin sebagaimana yang ada pada saat ini. Namun menggunakan tenaga manual aliasa kaki sebagai motor penggeraknya. Sedangkan roda yang dipakai adalah batang kayu yang berbentuk bulatan pada posisi depan dan belakang mobil. Di era ini ternyata model mobil buatan flinstone tersebut sedang booming. Mobil tersebut entah siapa yang memulai produksi, tapi yang jelas di daerah kota dan pedesaan ramai sekali digunakan sebagai sarana hiburan. Orang kemudian menyebutnya sebagai Becak Gowes.

Becak adalah kendaraan manual dengan tenaga dorong yang dhasilkan dari kayuan kaki tukang becak. Becak beroda tiga. Becak adalah angkutan jarak dekat. Banyak orang memanfaatkan becak untuk bepergian ke pasar atau daerah gang-gang sempit yang sulit dijangkau kendaraan roda empat. Ongkosnya variatif menurut jauh dekatnya jarak tempuh. Bisa juga ongkosnya dihasilkan dari deal antara penarik becak dan penumpangnya. Becak saat ini mendapat sedikit sentuhan modernisasi. Beberapa becak sudah dilengkapi dengan mesin penggerak sendiri. Jadi tidak lagi memanfaatkan tenaga kayu tukang becak yang kadang kala nafasnya turun naik. Mesin becak sendiri adalah mesin bermotor yang diperoleh dari kanibal kendaraan roda dua. Ada juga yang memakai mesin penggiling beras atau mesin pemotong rumput. Dengan adanya becak ini jarak tempuh menjadi lebih jauh dan tentunya waktu menjadi lebih singkat. Sedangkan sepeda adalah kendaraan konfensional biasa yang sama juga dengan becak. Tenaga yang digunakan adalah tenaga manusia.
Dengan hadirnya becak gowes tentunya akan menambah alternatif hiburan bagi rakyat. Becak gowes memang mengasikkan. Dari anak-anak sampai orang dewasa ikutan bergowes ria dengan becak gowes. Becak gowes dilengkapi dengan kemudi sebagaimana kendaraan roada empat. Haluannya pun sama. Becak gowes dilengkapi dengan warna warni lampu yang benderang yang khusus difungsikan di malam hari. Sound sistem yang ada di bagian belakang becak menambah marak gowes bersama ini. Alunan musik dangdut adalah pilihan wajibnya. Sungguh luar biasa.
Pemilik becak mufakat memakai tarif 10rb untuk sewa perjamnya. tarif ini berlaku siang hari. Khusus malam hari tarifnya meningkat menjadi 15rb dikarenakan menggunakan lampu yang memakai baterai. Jadi apa salahnya kita menghiburt diri dan sekaligus berolah raga. Go..go...wes





Judul: Tren Gowes dengan Becak; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tren Gowes dengan Becak
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Tren Gowes dengan Becak ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar