Selasa, 22 Januari 2013

Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter

Stellarium Ilustrasi kenampakan Jupiter dan Bulan pada Selasa (22/1/2013) malam sekitar pukul 21.38 WIB. Malam ini, Bulan dan Jupiter hanya akan berjarak 3-5 derajat.
JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena gerhana Jupiter atau okultasi Jupiter akan terjadi Selasa (22/1/2013) hari ini. Bumi, Bulan, dan Jupiter akan terletak pada satu garis lurus sehingga pada beberapa saat Bulan akan menutupi planet gas raksasa terbesar di tata surya itu.

"Gerhana Jupiter akan terjadi pada sekitar pukul 11.00 WIB dengan durasi antara 30 menit hingga 60 menit, bergantung lokasinya," kata astronom amatir, Ma'rufin Sudibyo, Minggu (20/1/2013).

Warga Amerika Selatan beruntung bisa menyaksikan fenomena ini. Sementara di Indonesia, fenomena ini harus dilewatkan begitu saja. Karena terjadi di siang hari, Bulan dan Jupiter tak tampak di langit nusantara.

Namun, tak perlu khawatir, Jupiter dan Bulan masih bisa dinikmati malam harinya, mulai Matahari terbenam hingga Rabu (23/1/2013) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Seperti beberapa malam terakhir setelah banjir Jakarta, Kamis (17/1/2013), Bulan dan Jupiter tampak benderang di langit Jakarta yang relatif cerah.

Setelah gerhana, Jupiter bakal muncul kembali dan berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bulan. "Pada saat itu, Indonesia akan menyaksikan Jupiter dan Bulan berjejeran dengan jarak sudut hanya antara 3 hingga 5 derajat," ungkap Ma'rufin.

Jarak antara Bulan dan Jupiter yang terlihat dari Indonesia masih kalah dekat dengan jarak yang terlihat dari wilayah Amerika Serikat. Di sana, bulan dan Jupiter hanya akan berjarak 0,5 derajat. Bulan dan Jupiter pada jarak tersebut hanya akan terjadi lagi tahun 2026.

Joe Rao dalam tulisannya di Space.com, Minggu, menguraikan bahwa fenomena gerhana Jupiter serta Bulan dan Jupiter yang berdekatan hanyalah sebuah ilusi, hanya sudut pandang manusia di Bumi, terkait gerak keduanya mengelilingi Matahari.

Selama fenomena kedekatan Bulan dan Jupiter, Jupiter akan tampak bergerak mengelilingi Bulan. Kenyataannya, Bulanlah yang bergerak lebih cepat dari Jupiter dalam sudut pandang manusia di Bumi.

Jupiter dan Bulan malam ini bisa dilihat dengan mata telanjang, asalkan langit cerah. Beberapa malam terakhir, keduanya bahkan tampak dari Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Setelah malam ini, keduanya masih akan tampak, tetapi dengan jarak yang semakin menjauh.
sumber : kompas
Judul: Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar