Langsung ke konten utama

Prediksi Gerhana Sepanjang 2013

Gerhana adalah fenomena alam yang luar biasa. Dikatakan luar biasa karena jarang terjadi. Dalam kurun satu tahun hanya terjadi dalam hitungan jari saja di suatu wilayah belahan bumi. Ada kalanya bulan dapat disaksikan dan ada kalanya karena faktor tertentu gerhana tidak dapat dilihat. Gerhana juga menjadi pemandangan menarik yang akan selalu dikenang sepanjang masa. Di saat gerhana bulan, bumi dan matahari berada dalam satu garis lurus. Pada Gerhana bulan, baik umbra maupu penumpra sinar matahri yang akan dipantulkan oleh rembulan terhalang oleh bayang-bayang bumi. Akibatnya bulan menjadi gelap sesaat sampai pergeseran bulan keluar dari bayang-bayang bumi. Pada gerhana bulan, sinar matahari yang seharusnya menyinari bumi terhalang oleh bulan yang saat itu melintas siang hari tepat pada posisi matahari. Akibatnya bumi menjadi gelap gulita jika terjadi gerhana matahari total. 
Para ahli astronomi dan juga ahli hisab sesungguhya dapat merumuskan kapan akan terjadi gerhana dalam kurun waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun yang akan datang. Oleh sebab itu, keilmuan falak sesungguhnya sudah sangat teruji kebenarannya. Namun, banyak juga sekelompok golongan  yang karena tidak ingin mendahului ketetapan Allah menolak keilmuan ini. Di sisi lain mereka menolak hisab sebagi pedoman peribadatan dengan menyitir sabda Nabi yang memerintahkan untuk melihat bulan sebelum puasa dengan makna hakiki yang ada. Hal ini tidak akan jadi masalah besar jika setiap kelompok memahami dan menghargai perbedaan yang ada. Namun sebaliknya akan menjadi perdebatan bahkan pertentangan jika pihak yang seharusnya dapat bersikap arif dan bijaksana malah menjadi tukang rusuh dengan memperkeruh suasana.
Kembali pada topik,
Sepanjang tahun 2013, dalam almanak Muhammadiyah yang diterbitkan PP Muhammadiyah sudah dilengkapi dengan informasi tentang waktu terjadinya gerhana sepanjang tahun lengkap dengan detail gerhana mulai awal hingga akhir. Berikut ini adalah info gerhana dalam kalender tersebut :
  1. Gerhana Bulan Sebagian, Jumat 26 April 2013. Mulai pukul 02.54-03.22 Gerhana ini dapat disaksikan di Indonesia
  2. Gerhana Mahari Cincin, Sabtu 11 Mei 2013. Mulai pukul 05.30-09.20. Gerhana dapat disaksikan dari Indonesia
  3. Gerhana Bulan Penumbral, 19 Oktober 2013. Mulai pukul 04.48-08.52. Gerhana dapat disaksikan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa (Catatan : Tidak ada sunnah sholat gerhana karena terjadi susudah subuh)
  4. Gerhana Matahari Total, Ahad 5 Nopember 2013. Mulai pukul 17.04-1945. Gerhana tidak dapat dilihat dari Indonesia.
Demikian Prediksi gerhana yang ada di Kalender Muhammadiyah sepanjang tahun 2013. Semoga ada guna dan manfaatnya.

Komentar

  1. Gerhana matahari Cincin yang akan terjadi pada bulan Mei bukan 11 Mei tetapi tanggal 10 Mei 2013
    coba lihat datanya di: http://eclipse.gsfc.nasa.gov/OH/OH2013.html#LE2013Oct18N

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ilustrasi menarik yang menunjukkan bahwa Gerhana matahar bulan Mei terjadi Kamis sampai Jumat, 9-10 Mei 2013 (UT/GMT) silahkan dilihat di http://rovicky.wordpress.com/2013/02/16/pingin-melihat-gerhana-matahari-siap-siap-10-mei-2013-dan-jangan-lupa-9-maret-2016/

      Hapus
    2. maaf, saya share ini dari PP Muhammadiyah. kalaupun ada salah nanti saya coba confirmasi dulu ke PP pak. matur suwun atas atensinya

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar pada blog ini.

Postingan populer dari blog ini

SKI Kelas 9 PB 1 : Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam (Sunan Gresik-Sunan Giri)

A. Pengantar Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul amri, yaitu orang yang memegang kekuasaan atas hukum kaum muslimin serta pemimpin masyarakat yang berwenang menentukan dan memutuskan urusan masyarakat, baik dalam bidang keduniawian maupun keagamaan. Wali yang dimaksud adalah Waliyullah yang mempunyai makna orang yang mencintai dan dicintai Allah. Adapun kata songo berasal dari bahasa Jawa yang bermakna “sembilan”. Jadi, Walisongo berarti “wali sembilan” yang mencintai dan dicintai Allah.  Mereka dipandang sebagai pemimpin dari sejumlah mubaligh Islam di nusantara. Adapun nama-nama Wali Songo sebagai berikut; Sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Kali Jogo, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati B. Buka Cakrawalamu Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul

SKI Kelas 8 PB 11 : B. Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah (Bagian 3)

4. Abdul Latief Al Baghdadi, Ahli Ilmu Mantiq (Logika)   Seorang ulama berpengaruh yang menginspirasi ulama-ulama Al-Azhar lainnya, ahli ilmu mantiq, bayan, Hadist, fiqh, ilmu kedokteran, dan ilmu-ilmu lainya, sekaligus sebagai tokoh berpengaruh dalam pengembangan dan penyebaran madzhab Sunni di Mesir.  5. Abu Abdullah Al Quda’I, Ahli Ilmu Fiqih  Ahli fiqih, hadis dan sejarah, beberapa karyanya adalah Asy Syihab (Bintang), Sanadus Sihah (Perawi Hadis-Hadis Sahih), Manaqib al Imam Asy Syafi’i (Budi Pekerti Imam Syafi’i), Anba’ Al Anbiya’ (Cerita Para Nabi), ‘Uyun al Ma‘arif (Mata Air Ilmu Pengetahuan), Al Mukhtar fiz Zikir al Khutat wa Al Asar (Buku Sejarah Mesir). 6. Para ilmuan muslim lainnya seperti : Abu Abdullah Muhammad Al-Idrisi, seorang ahli geografi dan juga ahli botani yang mencatat penelitiannya dalam buku Kitab Al-Jami’ li Asytat anNabat (Kitab kumpulan dan Tanaman). Ad-Dawudi, seorang ahli botani, pengarang kitab Nuzhah an-Nufus wa al- Afkar Ma’rifah wa al-Ahjar wa

SKI Kelas 9 PB 5 : 3.6 Menganalisis biografi tokoh penyebar Islam di berbagai wilayah Indonesia - Syaikh Abdur Rauf as-Singkili & Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari

1. Syaikh Abdur Rauf as-Singkili  Nama aslinya adalah Abdur Rauf al-Fansuri yang lahir di kota Singkil. Beliau adalah orang pertama kali yang mengembangkan Tarekat Syattariyah di Indonesia.  Sekitar tahun 1640, beliau berangkat ke tanah Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu keislaman. Abdur Rauf as-Singkili pernah bermukim di Makkah dan Madinah. Ia mempelajari Tarekat Syattariyah dari gurunya yang bernama Ahmad Qusasi dan Ibrahim al-Qur’ani. Kemudian, Abdur Rauf as-Singkili pernah menjadi Mufti Kerajaan Aceh ketika diperintah oleh Sultanah Safiatuddin Tajul Alam.  Abdur Rauf as-Singkili memiliki sekitar 21 karya dalam bentuk kitab-kitab tafsir, hadits, fiqh, dan tasawuf. Beberpa karyanya antara lain sebagai berikut.  Kitab Tafsir yang berjudul Turjuman al Mustafid (Terjemah Pemberi Faedah), yakni merupakan kitab tafsir pertama yang dihasilkan di Indonesia.  Umdat al Muhtajin, yaitu karya terpenting yang ditulis oleh Abdur Rauf asSingkili. Buku ini terdiri dari 7 bab yang memuat tentang dzik

Mitos Sabdo Palon dan Noyo Genggong : Ini Jawabannya !

Telah banyak bersliweran kabar, informasi, cerita legenda dan hikayat tentang keberadaan abdi dalem Kraton MAJAPAHIT (WILWATIKTA) yang bernama SABDO PALON dan NAYA GENGGONG. Dari yang bersifat sangat halus hingga yang berisi SUMPAH SERAPAH yang bersangkutan di era runtuhnya MAJAPAHIT. Belum lagi terbitnya saduran buku-buku baik berupa ajaran atau ramalan yang mengatas namakan dua abdi ini, tetapi semuanya tidak dapat menunjukkan rujukan asli dari sumber ceritanya. Mengingat seringnya timbul pertanyaan mengenai hal ini di group dan forum WILWATIKTA (MAJAPAHIT), maka saya berinisiatif untuk menjelaskannya secara tertulis seperti ini agar bila pertanyaan yang sama muncul, rekan-rekan dapat mereferensi jawabannya dari catatan ini. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi saya, baik ketika menerima ajaran adat maupun ketika saya berkunjung ke beberapa lokasi peninggalan WILWATIKTA / MAJAPAHIT (di Jawa Timur dan Jawa Tengah). Sesungguhnya penokohan abdi dalem y

BLAI SLAMET

Mohon maaf bagi kawan-kawana yang kurang paham dengan bahasa Jawa. kata di atas memang kata-kata dalam bahasa jawa. orang jawa menyebutnya sebagai unen-unen . kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih menjadi "Celaka tetapi Selamat". kontradiktif sekali, tetapi demikianlah orang jawa. satu sisi orang terkena bencana atau kecelakaan. namun si satu sisi orang tersebut selamat. kalau kita renungkan lebih dalam lagi ternyata ada makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Bencana atau kecelakaan atau juga kesialan memang sudah menjadi takdir yang tidak dapat kita hindari. bencana adalah kehendak Ilahi. tak seorang pun dapat menolaknya, termasuk yang nulis catatatn ini ketika mendapatkan blai   "kesialan" beruntun beberapa waktu yang lalu. orang jawa menerimanya sebagai sebuah keputusan Pencipta bagaimanapun keadaannya. namun dalam kondisi bersamaan, orang jawa mengatakan blai itu sebagai blai slamet   selama kesialan yang di dapa