Sabtu, 06 Oktober 2012

Kapan Sosok seperti Gajah Mada Lahir Kembali di Negeri Ini ?

Gajah Mada
Pada hari Sabtu tanggal 29 September 2012 saya berkesempatan lagi untuk berkunjung ke salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Sebuah kompleks situs peninggalan sejarah yang diyakini dulunya adalah sebuah pusat peradaban maju yang pernah menguasai seluruh wilayah Nusantara bahkan Asia Tenggara. Jejak-jejak peninggalan sejarahnya pun dapat dilihat sampai ke Afrika tepatnya di Pulau Madagaskar sana. Sungguh sebuah kekuatan yang sangat besar yang tak dapat terbayangkan kegagahannya seperti apa. Namun jika kita hubungkan dengan realitas sejarah yang menyatakan bahwa nenek moyang kita adalah bangsa maritim dan memiliki kelebihan dalam dunia kelautan hal ini tidak seberapa mengherankan.
Di sana sana juga sempat membaca bunyi teks sumpah palapa yang agung yang pernah diucapkan manusia agung dari sebuah kerajaan besar. Siapa lagi kalau bukan Mahapatih Gajah Mada. saya katakan Agung karena mungkin sudah jarang atau tidak ada manusia jaman sekarang yang memiliki karakter semacam mahapati Gajah Mada ini. Bahkan kalau kita lihat realita saat ini rasanya sudah tidak ada manusia penerus Gajah Mada. 

Gajah Mada adalah sosok pemimpin yang idealis bahkan saya katakan ambisius. Idealis karena dia memegang teguh apa yang diucapkan karena ingin menyatukan Nusantara dalam payung Majapahit. Dapat dibayangkan betapa susahnya sumpah tersebut untuk dilaksanakan. Namun dia berani dan dibuktikan dengan prestasi. Saya katakan ambisius karena ambisi tersebut terkesan mustahil untuk ukuran masa itu. 
dan yang lebih mengagungkan bagi saya pada sosok saat ini adalah karena dia berani mengorbankan kebahagiaanya dalam rangka mencapai cita-citanya. Hal inilah yang tidak ada dalam sosok pemimpin negeri saat ini. Saat ini pemimpin tidak lagi memikirkan rakyatnya. Yang dipikirkan hanya kelompoknya saja. Bahkan yang lebih parah mereka hanya memikirkan perutnya saja. Bandingkan dengan gajah Mada yang relah tidak akan merasakan kenikmatan dunia jika belum bisa menyatukan Nusantara.
Saat ini belum lama jadi pejabat sudah berlomba-lomba mencari proyek untuk mengembalikan modalnya. Bukannya berjuang membangun negeri mewujudkan ambisi dengan meninggalkan kemewahan duniawi seperti Gajah Mada. jadi kapan sosok seperti Gajah Mada ini dilahirkan kembali di Bumi Pertiwi ?
Judul: Kapan Sosok seperti Gajah Mada Lahir Kembali di Negeri Ini ?; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Kapan Sosok seperti Gajah Mada Lahir Kembali di Negeri Ini ?
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Kapan Sosok seperti Gajah Mada Lahir Kembali di Negeri Ini ? ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar