Senin, 08 Oktober 2012

Kalau Berpecah Belah, Pasti Hancur

Pendopo Agung
Kunjungan saya ke Situs Majaphit memberikan pembelajaran berarti bagi pribadi saya sendiri dan mungkin juga bagi sahabat semua. Sesuatu yang besar sebenarnya sedang dipaparkan di depan kita untuk dapat diambil hikmah di dalamnya. dengan hikmah itu, diharapkan kita dapat mencontoh hal-hal yang baik dan menjauhi yang buruk.
Majapahit adalah sebuah kerajaan besar. Tidak ada yang meragukan kebesaran Majapahit. Muali dari sabar sampai Merauke. Asia Tenggara bahkan wilayah Afrika (Madagaskar) dapat ditaklukkan dengan kebesaran Majapahit. Namun, sebuah cerita mesti ada akhir. Dan akhir kadang kala terjadi dengan tragis.
Demikianlah Majapahit yang menjadikan diri sebagai kekuatan besar di masa Raja Hayam wuruk dan Gajah Mada itu, pada akhirnya harus musnah dan hancur dengan tragis pula. Perebutan kekuasaan di lingkungan istana disebut-sebut sebagai cikal bakal kehancuran Majapahit. Hingga akhirnya Majaphit menjadi sebuah kekuatan kecil. Bahkan pada masa Pemerintahan Demak, Majapahit hanyalah sebuah kadipaten kecil yang tidak lagi diperhatikan.
Kalau kita perhatikan hal diatas kemudian kita renungkan dan kembali kepada keyakinan kita masing-masing. Sesunggunnya benar bahwa perpecahan tidak akan membawa kepada sesuatu kecuali kehancuran. Perebutan kekuasaan akan membawa pada pertumpahan darah. Keserakahan akan mengahalalkan segalahnya.
Saya jadi teringat firman Allah yang berulang-ulang dimuat dalam beberapa ayat. "Katakanlah : Berjalanlah kamu di muka bumi, dan lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan Allah"
Judul: Kalau Berpecah Belah, Pasti Hancur; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Kalau Berpecah Belah, Pasti Hancur
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Kalau Berpecah Belah, Pasti Hancur ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar