Selasa, 02 Oktober 2012

2 Oktober, Hari Batik Nasional


Pasca ditetapkan oleh UNESCO, batik sebagai warisan dunia yang bersal dari Indonesia, Pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tentu bukan asal-asalan bahwa pemerintah Indonesia menetapkan hari tersendiri untuk batik. Hal ini mengingat bahwa batik sebagai kekayaan budaya Indonesia. Telah banyak bangsa yang ingin mengklaim batik sebagai kekayaan negaranya. Karena itu kita mesti berbangga bahwa batik telah terdaftar dan diakui sebagai kekayaan budaya kita.
Pada hari ini, sebagai hari batik nasional, sudah selayaknya secara seksama kita memperingatinya sebagai bagian dari rasa cinta kita sebagai bangsa Indonesia atas kekayaan budaya yang kita miliki dengan memakainya. Pada saat ini memang telah banyak produsen tekstil yang memproduksi batik. Namun, batik memiliki kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki oleh batik printing. Karena diolah dengan cara manual tanpa melibatkan mesin maka wajar di pasaran harga batik sangat tinggi. Tingginya harga batik memang sesuai dengan proses-proses yang dilalui dalam membuat kain batik itu sendiri.Berbeda dengan batik printing, walaupun bentuknya bagus dan rapi tetapi nilai seninya tidak ada.
Jadi, mari melalui momentum hari batik nasional ini kita kembali bangga menjadi bangsa Indonesia dengan kembali menggunakan produk asli bangsa ini, Batik. Baik di tempat kerja, sekolah bahkan di rumah. Jadilah tuan di negeri sendiri.
Judul: 2 Oktober, Hari Batik Nasional; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: 2 Oktober, Hari Batik Nasional
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel 2 Oktober, Hari Batik Nasional ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar