Rabu, 25 Juli 2012

Tips Belanja di Minimarket

Waralaba menggurita. Sampai pelosok desa kita akan jumpai sudah banyak sekali jenis toko swalayan waralaba atau lazim disebut minimarket. Jumlahnya pun tidak satu. Satu desa yang agak ramai kita akan dapati terdapat beberapa mimimarket dengan brand yang sama. Biasanya brand yang diusung adalah X***mart dan Y***mart. Kedua waralaba ini seolah menjadi sparing partner saja. Dimana X***mart berdiri pasti disampingnya akan berdiri Y***mart dan demikian juga sebaliknya.Taruhlah contoh di daerah saya, paling tidak kita akan temui hampir sepuluh minimarket yang mengusung merk mart ini.

Sebetulnya ada sisi positif juga dengan berdirinya minimarket tersebut. Namun, sisi positif tersebut hanya dapat dirasakan segelintir orang saja yang memiliki saham di dalamnya. Lebih jauh, kerusakan ekonomi akan sangat dirasakan oleh warga sekitar terutama yang meiliki usaha kecil-kecil- kecilan.
Entah dasar apa yang dipakai oleh pengambil kebijakan negeri ini sehingga dengan sangat mudah memberikan ijin pendirian minimarket tersebut.
tetapi yang perlu diperhatikan oleh saudara-saudara adalah hati-hatilah ketika berbelanja di minimarket tersebut. Karena pengalaman pribadi yang pernah dikadali sama kasir yang dengan sengaja mau mengambil untung dari pembeli dengan tidak memberikan strock pembelian. Ternyata dalam strock pembelian tersebut terdapat potongan harga dari produk promo. Tetapi kasir hanya memberikan harga penuh. Ketika diminta strocknya, maka ketahuan si kasir dan dengan malu memberikan tambahan kembalian.
Berikut ini tips yang dapat kita lakukan ketika berbelanja di minimarket:
  1. Bandingkan harganya dulu dengan toko-toko yang ada di sekitar anda. Karena boleh jadi walaupun sudah pakai harga diskon nyatanya harga di minimarket tetap lebih mahal.
  2. Jangan beli barang-barang yang anda tidak butuhkan. Karena pembengkakan belanja sering disebabkan pembelian barang yang tidak dibutuhkan dengan alasan promo dan murah.
  3. Lihat harga di rak dengan harga strok pembelian, jika ada selisih lebih murah di kasir tidak jadi masalah. Jika lebih mahal di kasir saatnya anda komplain ke kasir. tetapi jika tidak digubris mending anda batalkan transaksinya.
  4.  Periksa tanggal kadaluarsa, karena banyak juga barang jatuh tempo yang masih beredar di minimarket.
  5. Bagi yang muslim periksa kehalalan makanan dan minuman yang anda beli, karena semua jenis makanan dan minuman dijual disana. Mulai dari yang halal, remang-remang sampai yang haram sekalipun asal berijin.
  6. Periksa satuan barang yang anda beli dengan satuan yang ada di strok pembelian. Adakalanya ada kelebihan angka yang dilakukan.
  7. Periksa kembalian yang anda terima 
  8. Mintalah selalu strock pembelian. Jangan sampai anda tidak memintanya.
Semoga bermanfaat
Judul: Tips Belanja di Minimarket; Ditulis oleh Riyono Putra Penanggungan; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tips Belanja di Minimarket
Ditulis Oleh Riyono Putra Penanggungan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Tips Belanja di Minimarket ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar