Langsung ke konten utama

Ketika Galau Berjaya

Antara asa dan galau
Kunanti dirimu
Beribu pengharapan
Akan berlabuhnya hati
Tertambat pada dermaga
Cintamu
Satu kepastian
Menyatunya rasa denganmu
Ragukah engkau wahai jelita ?

Tulisan diatas bisa anda sebut puisi atau sekedar corat-coret.
Saya enggan sebutkan kepada anda sipa penulisnya. Saya rasa tidak penting-penting amat untuk disebutkan di sini. Dia bukan orang terkenal yang lantas akan laku jika tulisan ini dimuat. Akan digemari dan dibaca banyak orang serta memberi pengaruh pada kehidupan yang membaca. Dia juga bukan orang penting yang menulis untuk hal-hal yang penting semisal membuat lagu-lagu indah kemudian dinyanyikan orang-orang yang terkenal pula. Tulisannya itu hanya sekedar coretan biasa yang dia coret asal-asalan pada selembar kertas yang dia punya. Tak perlu perenungan atau semedi untuk menuliskan kata-kata itu. Tak perlu menunggu berbulan-bulan untuk menghasilkan tulisannya. cukup hitungan menit bahkan detik cukup baginya untuk menulis. Karena dia menulis karena ingin menulis. Ketika tidak ingin menulis dia tak akan menulis. Termasuk ketika dia sedang GALAU
Galau mendadak naik daun dan berjaya. Iklan banyak memunculkan kata-kata galau untuk menjual produknya. Entah siapa yang memulai, yang jelas kata galau menjadi sangat populer di telinga kita. Galau menghiasi perbincangan kita. Galau bahkan mewarnai kehidupan kita. Tak usa saya jelaskan maknanya, Galau tetaplah galau. Galau adalah suasana hati yang gak enak. Rasa khawatir dll. cari sendiri saja di kamus ya? Setiap orang pernah merasakan galau. Mulai anak anak sampai orang dewasa. Mulai orang kecil yang takut tidak dapat membeli makanan bahkan presiden yang galau untuk mengambil keputusan. Mulai murid yang takut tidak lulus UN sehingga contekan sampai guru-guru yang bingung dan sedikitmemberi bantuan. Semua pasti akan merasakannya. Tidak ada undang-undang yang melarang orang untuk galau. Jadi, silakan saja galau kalau mau ?
Tetapi yang ingin saya sampaikan pada tulisan GALAU ini adalah mengapa galau menjadi naik daun dan terkenal. Barangkali kalau dibuatkan polling dengan item lebih terkenal mana SBY sama Galau ? mungkin orang akan menjawab Galau. Kenapa ? Karena Galau masuk rating tertinggi penampilannya di media. Di TV, Radio (maaf untuk radio, mungkin sudah beberapa tahun ini saya tidak pernah mendengarkannya kecuali dari radio tetangga yang diputar keras. Biasanya yang diputar dangdut koplo dari radio ilegal yang ada di kampung-kampung) atau pada media spanduk, baner yang ada di jalan-jalan. Hebat sekali media kita ya ? bahkan bisa membuat kata biasa menjadi terkenala sekelas galau disamping membuat orang lain terkenal atau pun tercemar.
Tetapi dari itu semua, saya cuma takut, generasi kita menjadi generasi yang mudah galau. bukan menjadi generasi yang kuat, generasi yang tangguh dan tahn banting. bukan kayak di iklan itu....gara-gara pulsa saja galau...apa jadinya negeri ini jika dipimpin orang - orang yang suka galau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKI Kelas 9 PB 1 : Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam (Sunan Gresik-Sunan Giri)

A. Pengantar Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul amri, yaitu orang yang memegang kekuasaan atas hukum kaum muslimin serta pemimpin masyarakat yang berwenang menentukan dan memutuskan urusan masyarakat, baik dalam bidang keduniawian maupun keagamaan. Wali yang dimaksud adalah Waliyullah yang mempunyai makna orang yang mencintai dan dicintai Allah. Adapun kata songo berasal dari bahasa Jawa yang bermakna “sembilan”. Jadi, Walisongo berarti “wali sembilan” yang mencintai dan dicintai Allah.  Mereka dipandang sebagai pemimpin dari sejumlah mubaligh Islam di nusantara. Adapun nama-nama Wali Songo sebagai berikut; Sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Kali Jogo, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati B. Buka Cakrawalamu Tokoh-tokoh Walisongo sebagai waliyullah, yaitu orang yang dekat dengan Allah serta mulia. Walisongo juga berkedudukan sebagai waliyul

BLAI SLAMET

Mohon maaf bagi kawan-kawana yang kurang paham dengan bahasa Jawa. kata di atas memang kata-kata dalam bahasa jawa. orang jawa menyebutnya sebagai unen-unen . kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih menjadi "Celaka tetapi Selamat". kontradiktif sekali, tetapi demikianlah orang jawa. satu sisi orang terkena bencana atau kecelakaan. namun si satu sisi orang tersebut selamat. kalau kita renungkan lebih dalam lagi ternyata ada makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Bencana atau kecelakaan atau juga kesialan memang sudah menjadi takdir yang tidak dapat kita hindari. bencana adalah kehendak Ilahi. tak seorang pun dapat menolaknya, termasuk yang nulis catatatn ini ketika mendapatkan blai   "kesialan" beruntun beberapa waktu yang lalu. orang jawa menerimanya sebagai sebuah keputusan Pencipta bagaimanapun keadaannya. namun dalam kondisi bersamaan, orang jawa mengatakan blai itu sebagai blai slamet   selama kesialan yang di dapa

SKI Kelas 8 PB 11 : B. Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah (Bagian 3)

4. Abdul Latief Al Baghdadi, Ahli Ilmu Mantiq (Logika)   Seorang ulama berpengaruh yang menginspirasi ulama-ulama Al-Azhar lainnya, ahli ilmu mantiq, bayan, Hadist, fiqh, ilmu kedokteran, dan ilmu-ilmu lainya, sekaligus sebagai tokoh berpengaruh dalam pengembangan dan penyebaran madzhab Sunni di Mesir.  5. Abu Abdullah Al Quda’I, Ahli Ilmu Fiqih  Ahli fiqih, hadis dan sejarah, beberapa karyanya adalah Asy Syihab (Bintang), Sanadus Sihah (Perawi Hadis-Hadis Sahih), Manaqib al Imam Asy Syafi’i (Budi Pekerti Imam Syafi’i), Anba’ Al Anbiya’ (Cerita Para Nabi), ‘Uyun al Ma‘arif (Mata Air Ilmu Pengetahuan), Al Mukhtar fiz Zikir al Khutat wa Al Asar (Buku Sejarah Mesir). 6. Para ilmuan muslim lainnya seperti : Abu Abdullah Muhammad Al-Idrisi, seorang ahli geografi dan juga ahli botani yang mencatat penelitiannya dalam buku Kitab Al-Jami’ li Asytat anNabat (Kitab kumpulan dan Tanaman). Ad-Dawudi, seorang ahli botani, pengarang kitab Nuzhah an-Nufus wa al- Afkar Ma’rifah wa al-Ahjar wa

Mitos Sabdo Palon dan Noyo Genggong : Ini Jawabannya !

Telah banyak bersliweran kabar, informasi, cerita legenda dan hikayat tentang keberadaan abdi dalem Kraton MAJAPAHIT (WILWATIKTA) yang bernama SABDO PALON dan NAYA GENGGONG. Dari yang bersifat sangat halus hingga yang berisi SUMPAH SERAPAH yang bersangkutan di era runtuhnya MAJAPAHIT. Belum lagi terbitnya saduran buku-buku baik berupa ajaran atau ramalan yang mengatas namakan dua abdi ini, tetapi semuanya tidak dapat menunjukkan rujukan asli dari sumber ceritanya. Mengingat seringnya timbul pertanyaan mengenai hal ini di group dan forum WILWATIKTA (MAJAPAHIT), maka saya berinisiatif untuk menjelaskannya secara tertulis seperti ini agar bila pertanyaan yang sama muncul, rekan-rekan dapat mereferensi jawabannya dari catatan ini. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi saya, baik ketika menerima ajaran adat maupun ketika saya berkunjung ke beberapa lokasi peninggalan WILWATIKTA / MAJAPAHIT (di Jawa Timur dan Jawa Tengah). Sesungguhnya penokohan abdi dalem y

SKI Kelas 8 PB 9 :B. Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah

1. As-Suhrawardi al-Maqtul (Ilmuan Teosofis)  Nama lengkapnya Abu Al-Futuh Yahya bin Habash bin Amirak Shihab al-Din as-Suhrawardi al-Kurdi, lahir pada tahun 549 H/ 1153 M di Suhraward, sebuah kampung di kawasan Jibal, Iran Barat Laut dekat Zanjan. Ia memiliki banyak gelar diantaranya, Shaikh al-Ishraq, Master of Illuminationist, al-Hakim, ash-Shahid, the Martyr, dan al-Maqtul.  Suhrawardi melakukan banyak perjalanan untuk menuntut ilmu. Ia pergi ke Maragha, di kawasan Azerbaijan. Di kota ini, Suhrawardi belajar filsafat, hukum dan teologi kepada Majd Al-Din Al-Jili. Juga memperdalam filsafat kepada Fakhr alDin al-Mardini. Selanjutnya ke Isfahan, Iran Tengah dan belajar logika kepada Zahir Al-Din Al-Qari. Juga mempelajari logika dari buku al-Basa’ir al-Nasiriyyah karya Umar ibn Sahlan Al-Sawi. Dari Isfahan dilanjutkan ke Anatolia Tenggara dan diterima dengan baik oleh pangeran Bani Saljuq. Setelah itu pengembaraan Suhrawardi berlanjut ke Persia, pusat lahirnya tokoh-tokoh su